Evaluasi Tahapan (2)

Pasuruan – Minggu (01/09/2019) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur, kembali menggelar Rapat Evaluasi bersama KPU Kabupaten/Kota se – Jawa Timur. Rapat Evaluasi Tahapan Pemungutan, Penghitungan Serta Rekapitulasi Hasil Penghitungan  Suara Pemilihan Umum Tahun 2019 diselenggarakan selama 2(dua) hari 31 Agustus – 1 September 2019 di Hotel Singhasari Resort, Jl. Ir. Soekarno No. 120 Kota Batu.

Rapat Evaluasi Tahapan Pemungutan, Penghitungan serta Rekapitulasi Pemilu 2019, dibuka secara langsung oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Timur Choirul Anam. Dalam kesempatan yang sama, juga disampaikan terkait pengelolaan berita web di masing-masing KPU Kabupaten/Kota sudah cukup baik dan perlu ditingkatkan lagi kedepannya. Terkait arsip, komisioner Miftahur Rozaq menyampaikan untuk penghapusan arsip agar menyesuaikan Jadwal Retensi Arsip (JRA) serta telah mendapat ijin terlebih dahulu dari Setjen KPU RI.

Agenda utama terkait evaluasi tahapan pemungutan, penghitungan serta rekapitulasi hasil penghitungan  suara pemilihan umum tahun 2019, komisioner KPU Provinsi Jawa Timur divisi Teknis Penyelenggara Pemilu Insan Qoriawan menyampaikan terkait hal-hal teknis yang perlu dicermati dan dievaluasi. Hal-hal teknis dimaksud, merupakan hasil daftar inventaris masalah (DIM) yang diperoleh dari KPU Kabupaten/Kota se Jawa Timur sebagai bahan kajian untuk dievaluasi agar menjadi perbaikan pada pemilu kedepan. Salah satu permasalahan yang mengemuka adalah terlalu banyaknya penandatangan berita acara, yang cukup memakan waktu ketika pelaksanaan tahapan penghitungan dan rekapitulasi baik ditingkat KPPS sampai ke tingkat lebih atas. Sehingga, pada pemilu kedepan hal tersebut setidaknya dapat dikurangi agar pada pelaksanaan penghitungan dan rekapitulasi tingkat kesalahan dapat diminimalisir.(wwd)

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*