E-Form Voter (Elektronik Formulir Pemilih)

Pemutakhiran Data Pemilih

 

E-Form Voter adalah sebuah aplikasi untuk pemutakhiran data pemilih yang berbentuk formulir elektronik Pemilih sebagai alat entri data pemilih dari masyarakat dalam kegiatan pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan berbasis Web dengan laman atau alamat disitus Website KPU Kabupaten Pasuruan  http://www.kpud-pasuruankab.go.id/data-pemilih-berkelanjutan/

Data Pemilih

Data Pemilih KPU Kabupaten Pasuruan

Dengan adanya aplikasi ini diharapkan adanya partisipasi masyarakat langsung dalam memutakhirkan data pemilih baik secara diri pribadi ataupun pihak lain/orang lain dengan mengawali melampirkan data pelapor sebagaimana kolom entri data tersedia.

E-voter

Pada menu awal silahkan dipilih apakah anda akan memutakhirkan data Anda Sendiri atau Data Pemilih lain.

Masukan data Anda sebagai Pelapor pada E-Form Voter ini

DataPelapor

Setelah mengisi kolom data diatas klik lanjutkan maka akan lanjut ke laman berikut ini.

Alasan

Tentukan alasan anda memberikan tanggapan untuk memutakhirkan data pemilih dengan pilih salah satu dari alasan sebagai berikut :

  1. Kesalahan data pemilih
  2. Pindah domisili
  3. Pemilih baru
  4. Meninggal Dunia
  5. Anggota Baru TNI/Polri
  6. Disabilitas

Untuk pilihan alasan no. 1, 2, 4, 5 , dan 6 kecuali 3  sebaiknya anda melakukan pengecekan data pemilih terlebih dahulu di halaman Cek Data Pemilih

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pengisian E-Form Voter

  1. Pastikan ejaan nama anda sudah benar kemudian alamat RT/RW, Jalan/Dukuh, Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota dan Propinsi sudah tertulis dan terisi dengan benar. Jika ada kesalahan penulisan segera perbarui dengan mengisi form isian E- Form Voter dengan Pilih alasan “ Kesalahan Data Pemilih” lanjutkan tahapan entry data sebagai mana kolom isian yang tersedia.
  2. Jika alasan yang anda pilih karena pidah alamat pemilih maka tentukan alasannya adalah klik “ Pindah Domisili” lanjutkan tahapan entry data sebagai mana kolom isian yang tersedia. Hal yang membedakan dengan kolom isian lainnya adalah :
  • Isi kolom alamat asal lengkap (tidak boleh kosong satupun) mulai Jalan/Dukuh; RT & RW, Kelurahan/Desa; Kecamatan dan Kabupaten/Kota
  • Isi kolom alamat baru lengkap (tidak boleh kosong satupun) mulai Jalan/Dukuh; RT & RW, Kelurahan/Desa; Kecamatan dan Kabupaten/Kota
  1. Jika ada pemilih yang meninggal dunia lakukan pengisian sebagaimana pada point 4 kemudian lengkapi dengan mengisi no akta kematian dari dukcapil (jika ada)
  2. Bilamana anda atau pihak lain belum atau sama sekali belum terdaftar dalam daftar pemilih pemilu sebelumnya yaitu DATA PEMILIH PILPRES 2014 maka sebaiknya anda pilih alasan tanggapan “PEMILIH BARU” dilanjutkan dengan mengisi kolom isian yang tersedia.

PEMILIH BARU

  1. Status anda saat ini belum terdaftar sebagai pemilih dan pastikan anda WNI telah berusia 17 tahun/lebih saat ini atau sudah/pernah kawin.
  2. Bilamana anda atau pihak lain belum atau sama sekali belum terdaftar dalam daftar pemilih pemilu sebelumnya yaitu DATA PEMILIH PILPRES 2014 maka sebaiknya anda pilih alasan tanggapan “PEMILIH BARU” dilanjutkan dengan mengisi kolom isian yang tersedia.
  3. Terdapat kolom keterangan pemilih baru kemudian pilih salah satu diantara keterangan yang sesuai dengan kondisi pemilih baru yang didaftarkan.
  • Pemilih baru
  • Purnawirawan TNI/Polri
  • Pindahan dari Luar Wilayah Kabupaten Pasuruan
  • Belum terdaftar sebagai Pemilih
  1. Setelah terisi maka klik kirim.

DISABILITAS

  1. Pemilih disabilitas adalah pemilih yang memiliki keterbatasan baik jasmani maupun rohani
  2. Data pemilih disabilitas dapat di entri dengan terlebih dahulu mengisi pilihan alasan memberikan tanggapan “Disabilitas”
  3. Kolom isian data umumnya sama denga alasan tanggapan lainnya namun yang membedakan kolom keterangan disabilitas dengan memilih salah satu kategori disabilitas yang disandang oleh pemilih yang didaftar.