Hasil Pileg 2014 per TPS dapat diakses di web: pemilu2014.kpu.go.id


Hitung Mundur Pileg 9 April 2014



04 Januari 2013 10:01:58

Panwas : Awasi Pemutakhiran Daftar Pemilih

Panwaslu Kabupaten Pasuruan memasang spanduk awasi pemutakhiran daftar pemilih yang tersebar di sejumlah tempat strategis di seluruh wilayah Kabupaten Pasuruan.

Secara lengkap kalimat yang tercantum dalam spanduk itu "Awasi Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih, dalam Pemilukada Kab. Pasuruan 2013, Bermuka dua tak bernurani, ber-DPT ganda merusak aspirasi".

Ketua Panwaslu Kabupaten Pasuruan, Suryono, ketika dikonfirmasi menjelaskan "bahwa trend gugatan Pemilukada ke Mahkamah Konstitusi yang dijadikan dasar gugatan adalah masalah DPT, spanduk yang dipasang merupakan media sosialisasi pencegahan pelanggaran Pemilukada pada tahapan pemutakhiran data pemilih".

Lebih lanjut, Suryono mengemukakan "selain melalui spanduk, panwaslukab sampai tingkatan PPL juga melakukan preventif dengan mendatangi pasangan calon, partai politik, tomas, dll untuk mengingatkan dan memastikan anggotanya masuk dalam DPS sebelum DPT ditetapkan serta menyarankan segera melapor apabila ada pihak yang menghalangi warga masuk dalam daftar pemilih atau sengaja tidak memasukkan dalam daftar pemilih".

Sementara itu, Komisioner KPU Kabupaten Pasuruan yang membidangi DPT, Hari Moerti, menegaskan "sebelum DPT ditetapkan oleh PPS masing-masing Desa/Kelurahan, KPU Kabupaten Pasuruan menggunakan aplikasi untuk mendeteksi pemilih diduga ganda dengan variabel nama, tempat lahir dan tanggal lahir baik dalam TPS, dalam Desa/Kelurahan maupun antar Desa/Kelurahan. Kami sudah berikhtiar DPT bersih dari ganda".

Spanduk ini tentu membuat KPU Kabupaten Pasuruan beserta seluruh PPS-PPK se-Kabupaten Pasuruan semakin mencermati nama-nama pemilih sebelum penetapan DPT. KPU Kabupaten Pasuruan dan Panwaslu Kabupaten Pasuruan berharap tidak ada yang teriak-teriak karena tidak terdaftar sebagai pemilih setelah DPT ditetapkan.

 

Hari Moerti