Pandaan – “Lembur 3 hari”, itu mungkin kata yang tepat untuk mewakili kegiatan PPK Pandaan ketika melaksanakan penyusunan dan perekepan Laporan Pemutakhiran Daftar Pemilih COKLIT tahap 3. Seperti biasanya, rutinitas ini dilakukan di Sekretariat PPK Pandaan tepatnya area Kantor KecamPANDAAN2atan Pandaan. Dengan penyusunan dan perekapan laporan ini, maka diharapkan menjadi dasar bagi proses pemutakhiran daftar pemilih yang lebih berkualitas pad PILKADA yang akan dilaksanakan beberapa bulan kedepan.
Dalam penyusunan laporan tersebut, PPK membahas akurasi dan kualitas data pemilih sesuai dengan kondisi faktual pemilih. Akurasi dan kualitas data pemilih meliputi jumlah pemilih terdaftar dalam AKWK dan tahapan selanjutknya di rekap pada form-form yang lainnya. Kedepan, data hasil Coklit akan di upload ke aplikasi khusus yang bernamakan SIDALIH, karena semua data pemilih nanti mengacu pada aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (SIDALIH) serta mengacu padPANDAAN1 a hasil rapat pleno penetapan daftar pemilih.
Penyusunan daftar pemilih merupakan tahapan yang paling penting karena kerap kali mengalami perubahan ataupun kesalahan-kesalahan yang nantinya mempengaruhi kevalidan data. Oleh karena itu, pada proses penyusunan laporan tahap 3 ini, PPK Pandaan berupaya mengidentifikasi permasalahan dalam penyusunan daftar pemilih. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan laporan daftar pemilih yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.
Dari proses penyusunan laporan ini, diketahui bahwa permasalahan akurasi dan kualitas daftar pemilih menjadi tanggung jawab bersama pemangku kepentingan pemiliohan, antara lain KPU, PPK, PPS, ataupun PPDP, serta partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Dengan kata lain, seluruh pemangku kepentingan pemilu memberi andil yang sangat besar untuk mewujudkan akurasi dan kualitas daftar pemilih.
(red & photo : PPK Pandaan)

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*