20181001_080759b

Pasuruan, kpud-pasuruankab.go.id – KPU Kabupaten Pasuruan, melaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober 2018. Upacara  berlangsung di halaman Kantor KPU Kabupaten Pasuruan, Senin (1/10/2018), dan dipimpin komisioner KPU Kabupaten Pasuruan, A. Azmi Abbas Djazuli.

Upacara ini menindaklanjuti Surat Edaran KPU RI Nomor 10 tahun 2018 tentang Perubahan  Surat Edaran Nomor : 09 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2018. Pelaksanaan Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2018 sebagai himbauan dari Menteri Sekretaris Negara Nomor 737/M.Sesneg/Set/TU.00.04/09/2018, tanggal  25 September 2018 perihal Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2018, dengan mengambil tema : “Pancasila sebagai Landasan Kerja Mencapai Prestasi Bangsa”.

Pelaksanaan upacara berlangsung khidmad, dengan dihadiri seluruh komisioner beserta jajaran sekretariat KPU Kabupaten Pasuruan dan tenaga pendukung. Sesuai tema diatas, dengan dilaksanakannya Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, diharapkan terus memupuk semangat patriotisme dan nasiolisme pada generasi sekarang dan yang akan datang terutama di Lingkungan KPU Kabupaten Pasuruan.

Sebagaimana kita ketahui, masyarakat Indonesia sering disebut dengan multikultural, pluralisme, pluralitas dan sebagainya. Secara teoritik sangat rentan terjadinya konflik, terutama menguatnya ikatan primordialisme melalui politik identitas keagamaan atau enisitas. Kalau seseorang sudah melampaui politik identitas dan primordialisme, maka dengan sendirinya paham-paham yang di luar Pancasila yang menjadi komitmen bangsa ini akan leleh atau mengalami suatu kemunduran.

Dengan selalu memperingati hari-hari besar bangsa Indonesia, kita sebagai warga negara Indonesia akan selalu mengingat jasa-jasa pahlawan kita sebagai tonggak sejarah yang harus kita jaga semangat dan jiwanya dalam sanubari kita, untuk terus bekerja guna membawa Bangsa Indonesia mencapai cita-citanya.

(wwd/red, foto/teknis&hupmas)

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*