Pasuruan, kpud-pasuruankab.go.id-. Berbagai upaya dilakukan oleh KPU Kabupaten Pasuruan dalam memaksimalkan data pemilih dalam pilkada serentak 2018 mendatang. Sesuai dengan perintah KPU RI untuk melakukan pemutaakhiran data pemilih berkelanjutan yg tertuang dlm surat KPU RI. No. 176 th 2016 dan juga perintah UU no. 10 th 2016 terkait revisi UU pilkada serentak Bab X terkait pemilih. Dalam salah satu ayat disebutkan data pemilih pilkada berbasis data pemilu terakhir yakni pilpres 2014 yg akan diperbaiki terus menerus sampe nanti tahapan pilkada dimulai. Untuk itu pada acara halal bihalal SPSI Kab. Pasuruan Kemarin pada hari kamis, 28 juli 2016 bertempat di RM. Pring Kuning Purwosari, KPU Kab. Pasuruan hadir memenuhi undangan pengurus SPSI untuk menyampaikan pilkada serentak 2018 di Kab. Pasuruan. Halal Bihalal ini tidak saja dihadiri pengurus cabang SPSI namun juga dihadiri puluhan Ketua PUK. SPSI di Wilayah Kab. Pasuruan.

Dihadapan para peserta halal bihalal, Winaryo Sujoko selaku ketua KPU Kab. Pasuruan menjelaskan proses pilkada serentak Juni 2018. Pilkada serentak nanti di Kab. Pasuruan bukan saja akan memilih bupati dan wakil bupati juga akan memilih gubernur dan wagub jawa timur. Dihadapan para buruh ini Winaryo juga meminta partisipasi aktif dari para buruh untuk suksesnya pilkada serentak. Jumlah buruh di Kab. Pasuruan yang lebih dari 500 ribu bukan saja berasal dari warga pasuruan namun juga dari daerah lain di Wilayah Prop. Jatim sehingga mereka juga berhak untuk memilih gubernur di pilkada tersebut. Untuk itu ketua KPU meminta kepada Pengurus cabang dan puk. SPSI agar memberitahukan kepada anggota buruh yang lain diluar warga Pasuruan agar nanti mengurus surat pindah coblos yang dulu di pilpres dengan sebutan surat A5.

Disamping itu KPU juga memberikan draft laporan warga pasuruan yang tidak terdaftar di DPT pilpres untuk mencatatkan dirinya sebagai pemilih di pilkada nanti. Draft laporan tersenut sebagai salah satu upaya dari KPU untuk pemutakhiran data pemilih berkelanjutan. Semoga sinergi antara KPU dengan SPSI akan berhasil menaikkan partisipasi pemilih dalam pilkada serentak nanti dan demokrasi di pasuruan akan semakin baik (Win/red,foto/Ketua)

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*