Picture3

Picture2Pasuruan, kpud-pasuruankab.go.id – Hari ini, Kamis (31/01/2019) digelar simulasi pengamanan oleh Gabungan Forkompimda 3 Pilar (TNI, Polri, Pemkab) Kabupaten Pasuruan, kegiatan ini dilakukan guna mengantisipasi situasi masyarakat yang tidak terima dengan hasil pemilu sehingga melakukan demo di Kantor KPU Kabupaten Pasuruan. Acara yang digelar di halaman Gedung Lemcadika, Jl. Sudarsono Pogar – Bangil.

Dalam adegan simulasi yang diperankan oleh personil jajaran TNI, Polri dan Pol PP berjalan cukup epik yang didukung pula perlengkapan anti huru hara yang dipakai seperti tameng hingga mobil watercanon. Adegan simulasi pengamanan berjalan cukup dramatis, dimana para demontran berusaha memprovokasi personil pengamanan,dengan melempari berbagai media agar personil pengamanan terprovokasi. Melalui tindakan represif, dari satuan yang diatur berlapis hingga dikerahkan mobil watercanon untuk memecah demonstran yang semakin anarkis. Simulasi pengamanan berakhir dengan penangkapan salah seorang yang diduga menjadi provokator tindakan dan situasi yang dapat dikendalikan.

Hadir dalam kegiatan ini Jajaran Forkompimda, Komandan Yonkav 8 Tank Divif 2 Kostrad Beji Yonkav 8 Tank Divif 2 Kostrad, Wakapolres Pasuruan, Kepala Bakesbangpol, Kepala Kejaksaan, Kepala Sat Pol PP juga Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Pasuruan. Ketika adegan bentrok berlangsung, tamu undangan dapat menyimak dengan seksama bagaimana simulasi pengamanan yang akan dilakukan guna mengatasi situasi tersebut, disaksikan langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Pasuruan, Zainul Faizin. Pada akhir acara, Ketua KPU  menyampaikan terima kasih atas upaya-upaya preventif yang dilakukan oleh berbagai pihak guna mendukung suksesnya pemilu serentak 2019 di kabupaten pasuruan. Khususnya dalam hal pengamanan yang membuat penyelenggara pemilu merasa mendapat garansi keamanan yang maksimal dari pengamanan 3 pilar tersebut. Ketua KPU berharap, agar nantinya adegan yang sudah di simulasikan tidak benar-benar terjadi, yang artinya Pemilu di kabupaten pasuruan ini berjalan dengan lancar,aman dan damai.

(red:nis/photo:teknis&hupmas).

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*