KratonMar_4

KratonMar_3Kraton – Tahapan pemutakhiran data telah memasuki tahap akhir di awal bulan Maret 2018, dimana sejak tanggal 5-7 Maret 2018 dilaksanakan Rapat Pleno di tingkatan PPS. Sebagai Kecamatan yang memiliki 25 desa, PPK dituntut harus dapat mengatur jadwal pendampingan dan monitoring rapat pleno di tingkat PPS. Dimana 5 orang anggota PPK harus mendampingi masing-masing 5 desa saat pelaksanaan rapat pleno penetapan DPHP dan dilakukan sejak pagi hingga malam hari. Kondisi ini harus dilakukan mengingat waktu yang terbatas dan PPK harus memastikan pelaksanaan rapat pleno di tingkatan PPS benar-benar terlaksana dengan baik dan berjalan lancar.

Pelaksanaan rapat pleno ditingkat PPS dihadiri oleh Petugas PPDP masing-masing TPS, PPS beserta sekretariat, pemerintahan desa serta tim sukses pasangan calon. Namun di sebagian desa para tim sukses ini tidak menghadiri rapat pleno, dengan alasan tidak tahu jika dirinya menjadi tim sukses. Sebagian lagi hadir, namun tidak dapat menunjukkan surat tugas sehingga PPS memutuskan untuk tidak memberikan salinan Berita Acara Pleno.

Setelah pelaksanaan rapat pleno di tingkat PPS selesai, keesokan harinya  Rabu (8/03/2018) dilaksanakan Rapat Pleno di tingkat PPK. Berbagai persiapan dilakukan sejak sore sampai malam hari untuk memastikan berkas-berkas yang akan disampaikan di pleno benar-benar sudah clear. Berkas yang dipersiapkan diantaranya AB2-KWK, AC2-KWK, serta Berita Acara yang salinannya nanti akan diberikan kepada Tim Sukses Pasangan Calon, Panwascam serta KPU Kabupaten.

Rapat Pleno tingkat PPK yang dimulai pukul 14.00 WIB berlangsung lancar meski tengah diguyur hujan ini dihadiri Plt. Camat Kraton, Muspika, Panwascam serta Tim Kampanye dan Tim Sukses Pasangan Calon serta 75 anggota PPS dari 25 desa di wilayah Kecamatan Kraton. Ada yang luput dari perhatian peserta saat rapat pleno berlangsung, yaitu kehadiran Ketua KPU, Winaryo Sujoko. Dengan duduk di kursi peserta, Ketua KPU menyaksikan jalannya rapat pleno hingga penandatanganan berkas Berita Acara oleh 5 orang anggota PPK. Sebagian besar peserta baru menyadari kehadiran Ketua KPU setelah PPS mengajak berfoto.

Dalam kesempatan yang sama, PPK mempersilahkan Ketua KPU untuk memberikan sedikit sambutan pada pelaksanaan pleno di Kecamatan Kraton. Ketua KPU memberikan apresiasi kepada PPK serta seluruh undangan yang sudah melaksanakan Rapat Pleno dengan aman, lancar, damai dan sukses hanya dengan waktu 1,5 jam. Di sela-sela sambutannya, Ketua KPU juga menyampaikan ucapan selamat kepada PPK dan PPS Pemilihan Umum Tahun 2019 yang telah dilantik sehari sebelumnya, serta permohonan maaf dan terima kasih atas kerja keras dan loyalitasnya kepada PPK dan PPS yang tidak lagi bergabung sebagai penyelenggara di Pemilu 2019. Hal tersebut berkenaan dengan aturan menjabat 2 kali periode dimana PPK Pemilu 2019 hanya berjumlah 3 orang sehingga ada 2 orang yang harus  “istirahat” begitu istilah yang disampaikan Ketua KPU. Sebelum menutup sambutannya Pak Win panggilan akrab ketua KPU berpesan kepada PPS agar tetap patuh, loyal dan tunduk terhadap penyelenggara diatasnya yaitu PPK dan KPU.

(red-photo:@ndry07/ed:teknis&hupmas)

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*